Azkia sakit

Sebulan ini azkia masuk ke rumah sakit dua kali..dan dua duanya harus menginap di sana huhuhu
Yang pertama, seminggu setelah kita pulang liburan dari Malang kemaren. Hari minggu pagi 22 juli, biasa si emak masih tiduran, karena kan kalo hari libur kita gak kemana2 dimanfaatkan sebaik baiknya buat tidur lebih lamaan :D. Azkia ngeluh sakit perut, saya mikirnya paling mules mau BAB, tapi dia bilang nggak, dia bilang mual juga, tadi sudah muntah saat ibuk masih tidur. oohh masuk angin paling, mikir saya, trus perutnya saya baluri minyak kayu putih biar enakan.

Tapi dia kok keliatan makin sakit sambil meganing perutnya, sampe berkeringat dingin nahan rasa sakitnya..haduuh, emak pun panik lah. nyari ayah ga ada di rumah, ternyata lagi kerja bakti dengan bapak2 komplek. kakak akhirnya berlari nyari ayah, suruh pulang dan kita pun langsung menuju RS. Sesampai di sana, azkia langsung diperiksa, dan diambil darahnya buat cek lab, karena dia pernah punya riwayat tipus setahunan yang lalu.
Saat azkia diambil darahnya merupakan saat yang berat buat kami ortunya (lebay mode on), mendengar dia menangis dan meronta gak mau disuntik sungguhlah bikin hati saya teriris, tapi mau gak mau kita tetep menguatkan hati, membantu petugas nya buat nenangin azkia dan megangin biar ga gerak2..dan biarpun sedikit drama akhirnya berhasil juga. Dan saat hasilnya keluar, cek widalnya positip dan leukositnya juga tinggi, yang kata dokternya si ada infeksi di dalam. dan kita pun disarankan untuk rawat inap :(

Dan si ayah pun langsung mengurus administrasi, biar segera dapat kamar sambil saya jagain azkia di UGD. dan drama pun terjadi lagi saat perawat harus pasang inpus, ditambah lagi pemasangan pertama ga berhasil, jadi harus dulang..sampe si ayah sudah mau emosi sama perawatnya, untung ada saya yg langsung megangin lengannya buat nenangis...sabarrr :D

Singkat cerita, kia sudah berada di kamar perawatan, dan alhamdulillah keadaanya sudah berangsur membaik. saya sudah agak bisa bernafas lega. Sungguh melihat anak kesakitan itu bener2 ujian berat untuk saya.
saat dokter anaknya datang untuk visit keesokan harinya, kesempatan saya untuk bertanya tentang kondisi azkia. dan memang positip tipus dilihat dari hasil cek darahnya. dan saya pun diberitahu apa2 yang harus saya lakukan, terutama harus menjaga makanan dan kebersihan anak. hu huhu emak jadi sedih

dan setelah 4 hari bermalam di rumah sakit, kita pun diijinkan pulang..dengan catatan menghabiskan obat yang ada dan menjaga azkia dalam kondisi yang bagus, fit, tidak kecapekan dan menjaga hanya makanan yang sehat yang masuk ke tubuh azkia. Alhamdulillah

Tapi ternyata susah juga untuk menjaga kondisi azkia tetep bagus seperti yang disarankan dokter, apalagi saya dan ayahnya bekerja dan tidak bisa mengawasi dia full 24 jam.
dan yang sering saya dapati sepulang kerja dia biasanya sedang asik mainan dengan teman temannya, kadang lagi kejar2an, kalo gak mainan sepatu roda atau lagi naik sepeda. Berulang kali diingatkan untuk tidak terlalu capek, dia bilangnya gak capek kok..duuhh
Untuk makanan sudah saya akali dengan tidak memberi uang jajan, baik di sekolah ataupun di rumah..jadi dia hanya makan makanan rumah saja.
tapi saya kecolongan juga, 2 minggu kemudian dia sakit lagi :(

Kamis, 9 agustus dinihari..sekitar jam 2 an dia muntah, saya pikir masuk angin, pertolongan pertama seperti biasa saya baluri perut, dada dan punggungnya dengan minyak kayu putih. tapi muntahnya tidak berhenti, malah semakin parah, sampai hanya keluar cairan kuning saja sampai azkia terlihat sangat lemas..haduuhh, paniklah saya dan ayahnya
langsung saat itu juga kami bawa ke UGD. sesampai di sana, setelah diperiksa dokter jaganya disarankan untuk opname. lagi
karena muntahnua sudah lebih dari 10x. saya juga menceritakan riwayat tipusnya, yang baru sembuh beberapa minggu ini.
Sempat galau juga, mau dibawa pulang apa opname lagi, karena paginya si ayah ada tugas ke jakarta, sudah pesan tiket dan sudah janjian dengan orang juga..jadi gak mungkin dibatalkan.
tapi daripada di rumah kepikiran, mending di rs saja lah. jelas di tangan ahlinya
apesnya lagi, kamar perawatan yang untuk 1 orang saja penuh semua..adanya kelas 2, ramai2 berempat dengan pasien lainnya. karena tidak ada pilihan ya sudahlah siapa tau nanti ada kamar yang kosong.

setelah mengambil baju dan perlengkapan lainnya di rumah, dan membelikan saya makanan buat sarapan pagi si ayah pun meninggalkan kita ber dua di rumah sakit..huhuhu sedihnya, untung saja hanya sehari dan tidak menginap..jadi aman lah, sore juga dah sampai semarang lagi
Setelah masuk kamar perawatan, azkia langsung tertidur..mungkin juga obatnya sudah mulai bekerja, sudah tidak kesakitan lagi.
sampai dokter anaknya visit sekitar jam 11 an, azkia sudah tidak menunjukkan tanda2 sakit2 lagi..sudah segar bugar seperti biasa, tapi dokter menyarankan untuk pengobatan secara komplit minimal 4 hari pengobatan..saya sih setuju saja, yang penting azkia bisa sembuh dan tidak kumat2 lagi

Selama beberapa jam di kamar perawatan yang banyak orang ternyata lumayan juga, mengabaikan ketidaknyamanan saya sebagai penunggu karena sempit dan tanpa fasilitas yang cukup, karena mau ngecharge saja harus ikut di bawah ranjang pasien lain karena stop kontaknya terbatas :D. tapi azkia sepertinya senang, karena ramai ya, bisa interkasi dengan pasien anak lainnya, dan yang terasa nyaman untuk saya saat harus keluar meninggalkan azkia untuk beli makan atau keperluan lainnya karena banyak orang..banyak yang bisa diminta bantu ngawasin. ALhamdulillah

Sekitar jam setengah 5 sore, si ayah sudah datang lagi, yee senangnya. dan setelah itu dikabari perawat kalo kamar yang kita minta sudah siap dan kita bisa pindah sekarang.
Begitu menempati kamar yang baru, yang pertama kali saya lakukan adalah mandi :D. karena di kamar sebelumnya kan kamar mandi ada di luar ya, kurang nyaman aja rasanya.
Perkembangan azkia semakin baik, makanan jatah dari rumah sakit juga selalu habis. hanya saat perawat menyuntikkan obat ke infus dia nya selalu menangis kesakitan, bikin emak terpotek hatinya..sediih. Akhirnya karena selalu sakit saat disuntik, dan pagi pun infusnya dilepas dengan maksud dipindah ke tangan satunya..eh azkianya ga mau, sampai nangis2..akhirnya si ayah minta perawatnya nanti dipasang lagi kalo pas mau masuki obat saja, agak siangan.

Dan saat dokternya visit lagi, kondisi azkia sudah semakin baik katanya..dan karena anaknya ngeyel gak mau dipasang infus lagi akhirnya dokternya mengijinkan perawatannya lanjut di rumah dengan banyak catatan tentunya :D dan sore harinya kita pun pulang..
alhamdulillah, semoga sehat sehat terus ya dek



Postingan populer dari blog ini

Cerita camping

kartu-loncat-bobok

ngomongin jalan jalan