serunya lebaran di kampung

Tahun ini giliran kita berlebaran di wonosobo...kota kelahiranku. walau bagaimanapun juga, berlebaran di tanah kelahiran lebih menyenangkan daripada di perantauan or kotanya suami :)
apa aja si yang menarik kalo berlebaran di kampungku sendiri...ini dia

1. serunya nangkap ikan
biasanya H-2 lebaran, orang2 di kampungku dah mulai rame2 pada nguras kolam...tak terkecuali dengan keluargaku yang juga ikut dalam kebiasaan ini.. suamiku yang di pati sana ga punya kolam, dan pastinya jarang kan nangkap ikan dalam jumlah besar seneng dong ya ikut nangkap ikan langsung nyemplung ke kolamnya...tapi kali ini hubby cuman kedapatan jatah bersihin ikannya doang :)
dan yang paling seneng tentu saja anak2...jarang2 kan mereka bisa menikmati momem kayak gini :)

2. takbir keliling
seru lo malam jelang lebaran kita ikutan takbir keliling memgelilingi kmapung...sambil bawa obor pula ;)..ki' dan kia senengnya ga ketulungan, ngeliat orang banyak pada bawa obor semua...untungnya ki' dikasih satu obor sama pakdenya...jadinya kan kita bisa takbiran keliling kampung sambil bawa2 obor...hahaha senangnya..
setelah takbiran selesei, dilanjut ma pesta kembang api...kalo yang ini si baru tahun ini kayaknya, soale pas malam lebaran 2 tahun yang lalu belum ada deh...
jadi sebelum pesta kembang api dimulai, dah diumumin duluan lewat speaker...para warga kampung dianjurkan keluar rumah, tuk bisa menikmati serunya pesta kembang api...soale kan momen kayak gini jarang lo, tahun baru aja gak mesti ada yang kayak gini di kampung :D

3. bersilaturahmi
Setelah sholat ied, kita biasanya muter satu kampung...tapi berhubung bapakku termasuk orang yang dituakan di kampung, sebenernya diriku sudah gak perlu muter2 lagi dari rumah ke rumah, karena kan sudah ketemu dengan semua orang yang semuanya tu pada datang ke rumah....tapi gak afdol namanya kalo lebaran kok ga muter ya, dan kita muter2lah ke rumah sodara2 yang nota benenya lebih tua dari kita...dan dijamin, sebelum dzuhur tiba perut kita dah puenuh kekenyangan...kenapa pasal?? karena setiap kita berenti di satu rumah pastilah kita dipaksa untuk mencicipi hidangan yang disediakan..
dan biasanya lebaran merupakan momen yang pas buat ngadain reunian, ato kumpul keluarga besar...dan di keluargaku ada 2 reuni keluarga besar yang harus dihadiri, dari keluarga besar ibu da bapakku...walopun si banyak yang ga pada kenal juga, karena kan aku sudah termasuk keturunan yang ke 4, buyut ya namanya...jadi kan emang banyak banget keluarga yang datang...semoga ajah bisa mempererat tali silaturahmi ya

3. balon besar
ini ni yang selalu ditunggu ma misua kalo berlebaran di wonosobo...apalgi kalo bukan serunya ngeliatin nerbangin balon udara. untuk suamiku ini sudah bukan hal yang baru lagi, dah hampir 7 kali lebaran hal ini yang selalu beliau tunggu2..anak2ku juga hepi banget ngeliatin tu balon, palagi pas balonnya udah mulai naik, n petasannya mulai meledak...waa seru banget deh :)

jangan aneh ya ngeliat poto2nya, maklum lagi pada bangun tidur n pada blom mandi semua... masih rembes2 istilah wonosobonya wkwkwk

sebenernya masih banyak keseruan lain,yang terutama si seru kumpul keluarga besar...bisa jalan2 bareng, ngerumpi n pastinya si makan2 terus
n taun depan, jatah lebaran di kampungnya suami...semoga aja si bisa seseru lebaran taun ini ya :)

Komentar

Pos populer dari blog ini

cerita ke hutan

mayoret kecil

mudik n masuk rumah sakit