cerita mudik...

Akhirnya balik lagi ke dunia maya, setelah sekian lama absen ya temanz….
Setelah capek mudik ni dia laporannya….ayuu pada siapin cemilan dan minumannya, soale bakalan paannjaaang dan laaaamaaaa hehe..

Sabtu, 27 september 2008


Kita, maksudnya aku dan ki’ berangkat ke wonosobo…setelah pesan tiket travel seminggu sebelumnya…sementara si ayah nyusul besoknya by sepeda motor, karena harus beres2 rumah dulu karena mo ditinggal lama..
Kita yang terjadwal di jemput jam 9 pagi, ternyata molor lor sampe jam 12 siang, bener sampe jam 12…ki’ yang kecapekan nunggu sampe ketiduran deh..
Bolak balik nelpon agennya katanya dah berangkat, mungkin lagi jemput penumpang lainnya…sabar sabar, kan ayahna ki’ lagi puasa hehe ...
Trus saking ga sabarnya, karena dah 3 jam lo molornya si ayah memutuskan tuk nunggu tu travel di jalan raya aja…takut tu sopir kesasar n ga menemukan rumah kita yang emang lokasinya agak masuk lumayan si…
Tapi begitu si ayah berangkat, ternyata travelnya dah nyampe…karena lewat gang yang berbeda mereka tidak ketemuan lah…akhirnya kita berangkat tanpa sempat pamitan dan diiringi peluk cium dari si ayah…hiks
Dalam perjalanan, seperti biasa ki’ tidak rewel…alhamdulillah
Sampe wonosobo jam 3 sore, dan alhamdulillahnya lagi ki’ langsung mau diajak sama mbahe, ga perlu penyesusaian lagi seperti sebelum2nya…
Jadinya si ibu bisa istirahat dengan nyaman hehe…

Minggu, 28 september 2008

Si ayah pulang ke wonosobo..
Ki’ yang biasanya di semarang ga pernah ngeliat halaman yang luas, di wonosobo seperti anak kaget…maksudnya? Ya maunya lari2 terus, mosok ada halaman seluas lapangan gitu dianggurin..
Palagi seringkali ada ayam, entok n kucing yang juga main disitu…alhasil tiap waktu dia kejar2an terus tu ma ayam dan teman2nya hehe…
Dia berenti main gitu cuman kalo denger suara adzan…langsung lari ke masjid yang tepat di depan rumah mbah…palagi musim liburan jelang ramadhan gini masjid rame banget ma anak2 kecil, jadinya ki’ betah banget di masjid…
Tinggal aku yang ga bisa ikutan solat jamaah, karena harus jagain si nang yang lari2an terus di masjid…
Ada kejadian lucu nih, pas lagi pada solat isya…masjid kan full banget tu,
Aku juga nekat ikut jamaah isya’, mikirku ki’ bisa anteng kan temennya banyak…main juga di dalam masjid aja ga keluar2…
Sambil sholat, sambil ngawasin ki’ juga *ga khusuk ni sholate*, dah dapet 2 rekaat…lancar ni, ki’ ga macam2…pas rekaat ketiga, aku denger suara gluduk2 yang kenceng gitu, persis suara gledekan yang bawa orang sakit kek di rumah sakit itu…dalam hati mikir, sapa si yang mainan, eh ternyata anak kecil ndorong2 kotak amal yang emang bawahe dikasih roda gitu…dan tau siapa anak kecil iseng itu, yup betul sekali, anakku yang ganteng dewe itu…halah halah
Pertama si nekat nerusin sholat, ga begitu ganggu ini…lama2 kok suaranya berasa kenceng gitu …mana anak2 kecil dah mulai pada ketawa tawa yang artinya mengganggu kekhusukan yang lain juga kan…akhirnya di rekaat ketiga sholatku batal juga duuh..
Ngejar2 ki’ yang dengan santainya dorong2 tu kotak amal…begitu aku minta, tetep aja ga boleh…haduh haduh, mo dipaksa pasti dijamin bakalan nangis kejer, dibiarin aja ga enak ati ma jemaah lain…yo wislah terpaksa dibiarin aja, tinggal 1 rekaat ini
Setelah sholat selesei, yang tua2 pun pada ketawa…ngeliat ki’ yang dengan tenangnya tetep aja mainan ma kotak amal itu…mungkin saking ga tahannya, ada bapak2 nyamperin ki’ dengan halus diminta benda itu ari ki’…e ternyata ki’ boleh…akhirnya diamankan lah benda pembikin onar itu hehe…
*jadi keinget teraweh tahun lalu, aku yang sempet jengkel gara2 banyak anak kecil yang begitu mengganggu jalannya ibadah, eh tahun ini ternyata anakku yang jadi pengganggu…duuh, karma nih*

senin, 29 september 2008


hari ini mbah nguras kolam ikan di samping rumah…emang kolam ikan ini dikuras setaon sekali, buat lebaran…soale lebaran di tmpat mbah kan rame banget, banyak tamu2 dari jauh berdatangan, dan kesukaan mereka adalah ikan masakan mbah utinya ki’
biasanya si direbus dulu dengan bumbu lengkap baru digoreng, atau digoreng dulu baru dimasak pedas…yang jelas sodara2 pada seneng semua…
ngeliat mbah dan pakdenya pada mainan air di kolam sambil nangkep ikan ki’ jelas kepengen…mo ikutan nyebur di kolam yang berlumpur itu, dan dengan tegas aku melarangnya…bisa klelep alias tenggelam lah dia di kolam itu, kan bahaya..
dan buat menenangkan ki’ yang ribut karena keinginannya ga terpenuhi…mbah nangkepin ikan kecil2 buat ki’, seperti ikan jawa dan gondok yang perute gedhe itu…kenapa ga dikasih ikan yang gedhe aja biar dia seneng, yak arena ikan gedhenya mbah kan cuma mujair sama nila yang siripnya tajam…kalo dipegang ki’ kan bisa melukai tangan imutnya ki'…
walopun ikannya kecil2, tapi kan banyak…ki’ jadinya seneng banget
ditempetin di kaleng cat yang sudah ga kepake, ki’ main lah sama ikan2 itu…lama2 dia gemes jadinya, palagi karena kelamaan di ubek2 sama ki’ ikannya kan jadi pada pusing tu n jadi gampang ditangkapnya…saking gemese sampe2 ikan gondok itu dipencetlah sama ki’ sampe isi perutnya keluar semua…sadis bener deh pokoke

selasa, 30 september 2008

hari ini RT tempete mbah motong sapi….ceritanya setiap tahun warga se RT tempete mbah patungan buat beli sapi dan dipotong menjelang lebaran…ceritanya biar lebaran ga repot beli daging lagi yang harganya dijamin melambung tinggi…
lumayan lo dapetnya, dengan patungan 250 ribu bisa dapet daging 4 kilo lebih…ditambah jeroan ma tulang2nya hamper 7 kilo, lumayan kan dibuat gulai..
ki’ yang pertama kali ngeliat sapi dipotong antusias banget…walo kadang2 takut pas sapinya lagi teriak moomooo…
dia lengkap lo ngikutin prosesi pemotongan sapi ini, mulai dari nyembelih, ngulitin, sampe motong2 daging n tulangnya…ga kelewat sedikitpun
*sayangnya ibunya ini ga sempet mengabadikan ekspresi ki’ pas ngeliat pemotongan ini*

rabu, 1 oktober 2008


Allahuakbar Allahuakbar Allahu akbar
Laailahaillallahu Allahu akbar
Allahu akbar wa lilla hilhamdu

Hari kemenangan tiba, Alhamdulillah…
Subuh2 kita dah bangun…si ayah, mbah kakung, pakde n omnya ki’ mo nyekar di kuburan…rame2 bareng orang sekampung
Beda dengan daerah2 lain yang biasanya nyekar setelah sholat ied ya…
Mbah utinya ki’ dah sibuk masak buat sarapan…sementara budhenya ki’ lagi bersih2 rumah plus menata jajanan…dan aku sibuk jagain ki’ yang habis subuh langsung lari2an di serambi masjid…
Pukul setengah enam dengan paksa ki’ kumandikan, kan sebentar lagi bakalan antri tu kamar mandi..makanya harus gerak cepat…setelah ki’ beres, gantian aku yang mandi n siap2 buat sholat ied…
Klao taun2 lalu biar kebagian tempat di depan, biasanya aku pasang sajadah dulu…kalo taun ini sengaja ga pasang, biar dapet di belakang sambil jagain si anak lanang..
Setelah sholat langsung muter2 di kampung…kali ini tempat sodara2 dan sesepuh desa aja , ga semuanya disamperin lagi…lagipula aku kan jarang ketemu ma orang2 sekampung ya, jadi jarang buat dosanya hehe….
Rencananya siang kita mo keliling ke tempat sodara yang agak jauhan…tapi ternyata hujan deras banget…akhirnya batal deh, besoknya ajah..
Kita santai2 di rumah sambil makan mi ongklok ma satenya…*yang ini beli, mbah uti ga bisa buatnya*

Kamis, 2 oktober 2008

Lebaran hari kedua, kita ngapain ya…kalo taun lalu pagi2 kita dah nongkrong di depan masjid buat ngeliat balon udara yang mo diumbulin..halah bahasanya
Tapi tahun ini, RT kita ga bikin balon lagi…ga tau kenapa, denger2 si karena sang coordinator tu balon lagi sibuk ma istri barunya, jadinya ga sempet mikirin balon lagi hehhe *nggosip*
Jadinya kita hanya puas lihat balon yang sudah terbang di langit lepas, sambil sesekali kaget karena dentuman petasan yang luar biasa….walo ga puas banget, tapi mo gimana lagi, ayahna ki’ yang kecewa…momen mengudarakan balon ini kan yang dia tunggu2, makanya dia semangat tuk mudik ke wonosobo…tapi ternyata, kesian deh suamiku,…

Siangnya kita ngider ke tempet sodara2 yang lumayan jauh, meneruskan rencana kemaren yang gagal karena hujan…seperti taun2 kemaren, sepulang dari berkunjung kita semua kekenyangan…kenapa pasal? Ya, karena setiap berkunjung ke rumah orang makan besar ga pernah ketinggalan…jadinya, perut gedhe deh hehe..

Jumat, 3 oktober 2008
Sebenarnya pagi ini rencananya adiknya ayahna ki’ aka omnya ki’ mo berkunjung ke wonosobo, selaen buat silaturahmi juga rencananya mo jalan2 juga ke dieng…
Tapi karena hari ini bertepatan dengan acara reunian keluarga besar dari mbah kung juga mbah uti…makanya aku saranin mereka datengnya agak sorean aja, n jalan2nya hari sabtunya aja…
Tahun ini acara reunian dua keluarga besar jatuh pada hari yang sama, walo waktunya yang berbeda…praktis kita semua pergi terus kan..
Ki’ ga ada masalah sama sekali, dia enjoy aja pergi2 terus…seneng malah.
Ada yang lucu ni..
begitu masuk ke tempat acara, ki’ bukannya salaman malah mukulin anak2 kecil yang lagi pada duduk lesehan…waduh waduh, aku yang lagi salaman ma ibu2 yang lain buru2 megangin tangannya ki’ yang bersiap mo mukul lagi…duuh dikiranya mukul tu salam perkenalan kali ya..
*soal kebiasaan ki’ yang suka mukul2 ni yang kadang bikin kuatir…perlu dibahas ni kapan kapan*
acara reunian ini selesei pukul 5 sore…kita langsung cabut pulang bareng keluarga besar…ee sesampai di rumah ternyata om ma tantenya ki’ dah nyampe, dah nungguin kita lama..kesian ya mereka..

tuk cerita selanjutnya, dilanjut besok ya…capek ngetiknya lagipula yang baca juga dah pasa bosen kan, kepanjangan hehe…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita ke hutan

mudik n masuk rumah sakit

mayoret kecil