susah baget menyapih itu...

ngebaca judulnya pasti dah pada tau kan topik apa yang akan dibicarakan...betul sekali, sapih menyapih..
ternyata pengalaman menyapih tiap ibu itu berbeda2 ya...ada yang gampang banget, si anak dibilangin aja langsung bisa, malah ada yang ga mau dengan sendirinya..tapi ada yang susaaah juga, dibilangin ga mempan, dikasih obat merah ga bisa, sampe cara2 yang agak ekstrim hehe *ini hasil cerita dengan ibu2 yang lebih berpengalaman*

bagaimana dengan aku, termasuk yang gampang ato yang susah...
maunya si yang gampang aja, biar sama2 enak, ki' enak si ibu juga senang....tapii, dengan baca judulnya ajah pasti dah pada tau deh kalo aku termasuk yang susah, hiks...

ceritanya, karena ki' sebentar lagi dah 2 taun, tinggal ngitung ari aja..dan rencananya kantorku dalam waktu dekat ini akan ngadain perjalanan ke lombok seminggu dan aku pengen ikutan juga *sejak menikah, ga pernah ikutan lagi acara jalan2 kantor*..makanya kuputuskan tuk menyapih ki', walo si ayah pake sedikit keberatan dengan alasan kesian anaknya...*ni pasti alasan aja, dia ga mau aku tinggal kali hehe*
sejak kamis kemaren, ki' mulai aku sapih...bingung juga pertamanya, mo dikasih apa biar ki' ga mau nenen lagi..ada yang nyaranin dikasih kunyit, obat merah, betadin, brotowali, biji mahoni yang super pahit, trus ada yang nyaranin dikasih odol...
odol?? mosok diolesin odol sih, aneh aja menurutku..apa ga panas ya hehe

setelah mikar mikir lama, dan nyari properti buat nyapih ternyata di rumah cuman ada kunyit, betadin ma odol doang...mau tak kasih kunyit, ki' kayaknya ga ngefek deh, betadin..takutnya ki' nekat nenen kan malah bahaya...trus akhirnya pilihan jatuh deh ke odol hihi, mikirku, selain ntar penampakannya mengerikan, putih boo juga kalo ki' nekat rasanya juga mengerikan..pedesss hihi...
trus kenapa mulainya hari kamis, ga minggu...menurut cerita temen2, kalo anak awal2 disapih tu malem pasti rewel bikin kita ortunya jadi berjaga semalaman, dan itu paling ga jalan 3 hari...kan kalo hari kamis, kita ngantuknya paling jumat aja..sabtu minggu walopun ngantuk kan bisa tiduran sampe puas hihi
dan prosesi menyapih pun dijalankan...pagi2 habis mandi dah aku olesin odol, biasanya ki' minta nenen kalo aku abis mandi siap2 mo kerja...
aku bilang ke ki' kalo miknya ibu lagi sakit, ga boleh dinenen...reaksi dia ketawa2 doang, gemes ga si..
begitu aku liatan, dia tetep aja ketawa2, sambil takut2 mo pegang..aku biarin ajah.lama2 penasaran dia..diciumin dikit2 sambil ketawa..tidak lupa kubilang kalo itu rasanya ga enak, dan sakit.
tapi saking ga tahannya kali ya, dia nekat aja nenen...dan hasilnya, langsung nangis lah dia kepedesen hihi, kesean bener kamu nang..
untuk awal sukses lah....

sepulang kantor, kebiasaan ki' ya ngintilin aku sambil minta nenen...langsung diriku lari ke kamar mandi, begitu keluar siap nenenin ki'..takutlah dia hihi..aman lagi sampe malam hari..
saatnya tidur, mungkin inilah perjuangan terberat dalam menyapih ini...ki' kan kalo mo tidur malem biasanya selalu nenen dulu, baru bisa tertidur *salah aku juga si ngebiasain hal ini*..naa begitu ga nenen, ga bisa tidur dia, dan rewelnya ampuuun deh...sampe ga enak sama tetangga, saking kencengnya nangisnya ki'..
dan penderitaan tidak hanya disitu, karena seharian ga dinenen...kebayangkan kesakitan si ibu, duuuh kenceng bener deh, sakit banget rasanya..
ditambah lagi, ki' maunya digendong aku ga mau sama ayahe...duuuh kepencet2 deh, ssakiteee
pokoke berharap hari segera pagi...*disini benar2 diuji deh, tega apa gak, lanjut apa stop*
alhamdulillah hari pertama terlewati, daku bisa bernapas sedikit lega...

hari kedua lebih lancar, pulang kantor ki' ga langsung minta nenen...ada kemajuan nih pikirku..minta sesekali. tapi begitu diliatin, dia dah mundur dengan sendirinya..sambil bilang mik atit ya..hihi, kesian banget deh ngeliatnya..
malemnya sama juga rewel ampun2an deh....untungnya ki' mau sama ayahe, dan aku bisa tidur dengan sedikit tenang, walo kadang kalo dia nangis tetep nyamperin juga..
hari ketiga, badane ki' panas...nah loo
tapi setelah cerita2 ma tetangga, ternyata hal itu wajar saja..kaget mungkin
rewelnya masih tetep, apalagi kalo ada aku di rumah...jengkel kali kalo ngeliat aku, tapi kok maunya digendong sama aku ya..aneh
dan panasnya cuman sehari ajah, paginya langsung sembuh..alhamdulillah
dan tadi malam, adalah malam tertenang semenjak hari kamis...ki' bobo jam 9 malem, dan cuman kebangun sekali minta minum teh anget...abis itu tidurr lagi sampe pagi..alhamdulillah
semoga berlanjut sampe seterusnya...amin

---------------------------------------------
sejak disapih ki' makin manja ajah..semua keinginannya harus segera terpenuhi..kita bilang bentar aja bakalan langsung nangis dia, kuenceng dan lama lagi, apalagi kalo ditolak, hiks...mau es krim ga kenal waktu, bangun jam 2 pagi minta es krim..ga dituruti, bisa nangis semalaman dia..ga enak banget ma tetangga..
wajar gak sih???

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita ke hutan

mudik n masuk rumah sakit

mayoret kecil