kartu prestasi untuk ki'

Ceritanya *kayaknya tiap mulai nulis harus diawali dengan kata2 sakti ini deh :p*, ceritanya kita lagi nyobain hal baru ke ki’...
Sebagai anak pertama, dan juga cucu pertama dari mbah mbahnya ki’ termasuk anak yang beruntung...hampir setiap kemauannya keturutan. Minta mainan ini, ga nunggu itungan hari dah dibeliin, minta itu langsung dibeliin...kalo pas bapak ibunya ga punya duit, mbahnya denger langsung deh dibeliin *tapi kayaknya si ay walo ga punya duit tetep dibela2in beli dah, kadang kuprotes katanya mengingat jaman kecilnya dulu mo punya apa apa susah, makanya pumpung bisa si anak disenengin :(*

Dan alhasil ki’ sekarang termasuk anak yang keinginannya tuk beli beli sangat tinggi, alias konsumtif...terutama untuk yang namanya mainan *ngelirik mainan ki’ yang menggunung :(* ...keinginan ‘memiliki’ terlihat banget saat ki’ nonton tivi, di tivi ada gambar mainan dia langsung nyerocos minta beli...ngeliat majalah ada gambar mainan (mobil2an, robot, pesawat2an, etc) langsung nuntut minta beliin...pertama2 si kita santai aja, tapi lama2 tiap waktu kok permintaannya selalu sama, dan lama2 di telinga kok terasa mengganggu ya :p...biasanya kita jawabnya ntar ya kalo ibuk punya uang, ntar ya kalo kakak dah ga ngompol hehe...walo kurang efektif hasilnya

Yang paling nyebelin kalo ki’ ikutan kita belanja, mau gak mau kita harus nyiapin dana ekstra jaga2 untuk keinginan ki’ yang tak terduga...walopun dari rumah udah kita wanti2 ki’ ga boleh beli mainan, belinya makanan ajah, tapi begitu dia ngeliat maenan yang macem2 jiwa konsumtifnya langsung keluar...dia langsung megangin apa yang dia mau, dan gak mau beranjak pergi jika lom dibeliin :(..kalo aku si kadang kuat2an ma ki’, tetep gak bakal dibeliin..tapi jika ada ayahnya, dia suka ga tegaan, palagi kalo ki’ dah mulai mengeluarkan jurus andalannya...mata berkaca kaca n plembak plembik mewek. Langsung kalah deh ayahnya, dibeliin juga tu mainan..dan taukah apa yang lebih nyebelin, sebenernya dia sudah punya mainan yang sama persis di rumah..sapa yang ga bete coba :(

Untuk mengatasi hal ini supaya gak keterusan, kita nyobain ini ke ki’...KARTU PRESTASI
Terinspirasi dari idenya mas sulur, yang mewajibkan anak2nya menabung dahulu untuk bisa mendapatkan barang yang diinginkan..tetapi menabungnya bukan dalam bentuk uang, tetapi kartu, ya kartu prestasi ini...setiap anak melakukan prestasi, mis mendapat nilai bagus, tidak mengompol dll si anak akan mendapatkan kartu prestasi..yang nantinya jika sudah terkumpul banyak bisa ditukarkan dengan uang untuk membeli barang yang dimaui...dan sepertinya hal ini efektif untuk ke 2 anak mas sulur.
Dan aku pun tertarik mencoba, selain untuk mengatasi keinginan belanja ki’, juga mengajarkan ke dia setiap dia menginginkan sesuatu kita harus berusaha terlebih dahulu...ga semata2 setiap keinginan langsung tercapai, enak bener ya
Dan ini hal2 yang dinilai, biar bisa mendapatkan kartu prestasi
- Tidak mengompol *sekedar info, ki’ masih mengompol ya sodara2...palagi kalo malem minum susunya kenceng, dijamin ngompolnya pun kenceng...palgi ni anak kadang susah banget disuruh pipis sebelum tidur :(*
- Mengaji
- Makan sampai habis
- Mandi dengan baik *soale ki’ kalo saatnya mandi ada aja yang bikin ngeselin, aku nonton ini dulu, tak ngambil mainan dulu..pokoke ada ajah*
- Seharian ga banyak teriak2 n nyuruh2 *ini bener2 kebiasaan buruknya, PR berat untuk kita ortunya tuk membimbing dia ke jalan yang benar :D*
- Buang air besar di kloset

Apalagi ya, lupa2 inget...soale ni fleksibel sifatnya, kadang pas dia mau berbagi mainan dengan temennya kita juga kasih dia kartu prestasi
Oya sebelum mulai hal ini, sebelumnya kita dah sosialisasikan dulu ke ki’....kita kasih tau setiap prestasi yang dia buat kita kasih kartu prestasi, n jika dia ingin sesuatu dia harus menabung kartu dulu n ntar kita tukar dengan mainan yang dia inginkan.
Oya untuk saat ini ki’ kan lagi pengen banget mainan mobil2an hotwheel *bener gak ni tulisannya* lengkap dengan track nya, naa kita saratkan dia untuk punya kartu prestasi yang banyak dahulu...dan hasilnya, untuk 2 mingguan ini lumayan efektif teman...pergi mengaji gak harus dirayu2 dulu, cukup dibilang ntar dia dapet 2 kartu lo :D..dia langsung semangat, makan, mandi juga lumayan mudah dia...yang masih agak susah si ngompolnya, walopun udah pipis sebelum tidur tetep aja masih ngompol, tapi 2 hari terakhir ini dia gak ngompol ding...lumayan koleksi kartunya jadi nambah..

oya kebiasaan dia minta beliin mainan juga lom ilang sepenuhnya, tiap liat gambar mainan langsung deh buk dibeliin ya..langsung deh dijawab, ntar ya kalo kartunya kakak dah banyak hehe...
Semoga ini bisa efektif untuk seterusnya ya...doakan ya frens :)

oya,tanggal 22-23 kemaren ceritanya kita *aku n hubby* jalan2 ke jakarta bogor..tapi tanpa anak2,tuk mutusin ini daku mikirnya lamaaaa banget...tega gak ya ninggalin anak2, walo cuman 2 malam si...tapi akhirnya nekat xixixi *serasa kek anak yang bolos sekolah gitu :p*
dan ternyata anak2 juga ga rewel ditinggalin...padahal ibunya dah kepikiran ajah
ni dia poto2nya


Komentar

lidya mengatakan…
serasa pacaran lagi ya bun, tapi halal :)
astien mengatakan…
@lidya;qiqiqi bener mba :p
entik mengatakan…
ide bagus tuh pake kartu prestasi. Jadi pengen nyontek buat ikhsan :)

btw, serunya jalan2 berdua serasa pacaran lagi. Jadi pengeen...
astien mengatakan…
@entik:monggo dicoba...semoga sukses juga buat ikhsan :)
sesekali jalan berdua perlu juga lo :p
Nia mengatakan…
waduhh jalan2 ke monas ngga bilang2, ke jakarta tanpa ke monas serasa makan tanpa garam yach hehehe.....honeymoon ke-2 nechh, jadi pengen ke jogja ber-2 aja ma suami, tp anak2 gak ada yg jaga.....mbak astien seh enak masih ada mbah hehehe......

utk kartu prestasi itu boleh juga nech dicontek....ki umurnya brp yach? utk ina (3th) udah bisa dicoba blm?
astien mengatakan…
@nia:hehe sesekali say...alhamdulillah anak2 biasa ajah ditinggal.
ki' 4 th akhir bulan ini..sepertinya si bisa untuk ina, seklian ngajarin anak untuk disiplin...walo ki' juga lom berhasil banget, semoga aja diriku bisa konsisten..
Desy Noer mengatakan…
wah banyak anak bun PR nya. hehe.. good luck dech dengan program kartu prestasi nya. boleh juga nich kapan-kapan aku praktekin.

cie..cie.. yang bulan madu lagih!!
Anggorowati mengatakan…
ide ttg kartu prestasi bagus jg... boleh dicontek ya,jeng.. soale raihan jg sm paling boros klo soal belanja mainan.... smoga ki' tambah pinter yah...

oiya poto2nya meni mesra...serasa bulan madu lg uhuiii.. jgn2 bentar lg ada kabar kia punya adek...wakakaka.....
astien mengatakan…
@desy;doain ya bun :)
@wati:biar khansa dulu lah yang punya adek...aku belom pengen 'ga doyan makan' dulu...ntar2 ajah kalo dah gendutan :p
IbuDzakyFai mengatakan…
wah serunya bs jalan2 dua malam berduaan pulaks......
ke2nai mengatakan…
menarik juga tuh ide kartu prestasinya :)

Waaahhh ada crt "honeymoon" juga kayaknya. Hihihi.
mimi mengatakan…
hebad euyy... caramu ngajarin abg yak, patut ditiru nih biar anak ga manja...heheheh
ira i mengatakan…
ehm...ehm....honeymoon nih....

met weekend ya Bun
astien mengatakan…
@ke2nai:makasih bun
@mimi:tapi tetep masih manja mi...harus telaten deh
@ira i :ehm ehm :D
isma mengatakan…
wah, ide yang bagus itu say. pakai kartu prestasi, semoga berhasil ya. eniwe, honeymoon nya dalam rangka momongan yang ketiga ya hihihi ... *piiiis*
astien mengatakan…
@isma:lebih tepatnya mempersiapkan diri berani gak tuk yang ketiga...dan lom siap ternyatah,pengen seneng2 lagi dulu :p

Postingan populer dari blog ini

cerita ke hutan

mayoret kecil

mudik n masuk rumah sakit