menyapih kia

azkia sudah 2 tahun, sudah waktunya menyapih...alhamdulillah hak kia mendapat ASI selama 2 tahun bisa terpenuhi, seperti kakanya dulu yang pas 2 tahun juga ASI nya..
saat berencana untuk menyapih azkia, kita mulai was2 juga mengingat perjuangan kita menyapih ki' dulu yang gak gampang..

Kia yang notabenenya sering aku tinggal, pernah waktu itu sampe 5 hari karena aku harus mengikuti ujian di jakarta,dan waktu aku balik tetep aja nenen nya berlanjut. juga beberapa kali aku keluar kota tapi begitu ketemu sama aku yang nomer satu pasti lah nenen yang diminta....hal ini bikin kita ketar ketir juga pas waktu mo nyapih dia...jangan jangan ntar susah banget ya kaya kakaknya dulu...

speak speak ma misua, gimana enaknya metode nyapih kita kali ini...apa kayak ki' dulu, or nyoba cara lain. kalo ki' dulu kan kita pake pasta gigi ya, tapi sepertinya itu ga bakal mempan deh ke kia, secara dia kan ga takut2 amat ama pedes...permen mint aja dia doyan..haduuuhh
akhirnya kita pake yang efeknya pahit aja dah...pake mahoni, brotowali or daun sambiloto aja deh...
na kebetulan kita punya yang namanya sambiloto itu, jadi diputuskanlah kita mo pake daun sambiloto ajah..
kalo ada yang lom pernah liat tampilan daun sambiloto, ini dia gambarnya...
*gambar hasil brosing di google, soale kagak sempat potoin punyaku sendiri :D*
jadi caranya tu daun, ambil 3 atau 4 lembar daun...trus kita remas2 deh sampe keluar cairannya...baru deh kita olesin..

iseng2 aku cobain rasanya, wuaaaa paitnya kagak nahan deh :(
sebenernya tega ga tega sih, ngasih kia pake cara ginian..tapi dikuat2in aja deh..
kita mulai nyapihnya hari kamis, seperti ki' dulu...dengan pertimbangan yang sama, kalo kia nantinya rewel kan pas weekend...jadinya kita bisa full nemenin dia.

sepulang kerja, aku langsung ambil tu daun, langsung aku olesin...na pas kia minta nenen langsung deh dia klepek2 kagak doyan :(..paitnya
aku berpikir, kia paling sebentar lagi nyoba minta nenen...tapi aku tunggu hampir sejam dia ga minta juga...
akhirnya aku tawarin aja nenen ke kia, sambil ngetes juga...berhasil gak ni daun sambilotonya beraksi..
ee dia langsung nolak gak mau nenen lagi...gak enak katanya *alhamdulillah untuk sementara berhasil*
pas malam kita dah mulai was2 aja..karena kia kan model anak yang bobok sambil ngempeng ibunya sampe dia merem, ee dia cuman minta buatin susu pake dot ajah n abis itu bisa bobo dengan tenangnya...gak minta nenen aku lagi #bener2 surprise, soalnya kita dah nyangka bakalan begadang sambil gendong dia sepanjang malam :p

dan hal ini berlangsung seterusnya...kia bener2 langsung gak mau nenen sama sekali, kalo aku coba kasih nenen dia langsung nolak ajah..bener2 kapok dia sama paitnya daun sambiloto :D
dan dia juga langsung bisa beralih ke susu formula dengan mudahnya...kalo selama masih nenen dia minum sufornya dikit banget...begitu disapih dia langsung ngebut minum sufornya...sehari bisa nyame 20 botol dia wkwkwkwk

ternyata semua kekhawatiran kita selama ini gak ada yang terjadi...gak ada kia yang maksa minta nenen, gak ada nangis2 tiap malam kalo dia mau bobok, gak ada acara gendong2an n begadang sepanjang malam, gak ada kia yang badannya lemes karena ga mau makan n minum sama sekali....alhamdulillah
#kia berpose dengan bunga desember, yang berbunganya pas bulan oktober :D

Komentar

Arman mengatakan…
selamat buat proses nyapihnya... kia pinter ya... :)

Pos populer dari blog ini

cerita ke hutan

mayoret kecil

mudik n masuk rumah sakit