ngomongin kabe

sebenernya ga enak mo bahas masalah ini di blog...tapi kalo ga dibahas kan ga dapat saran n masukan dari temen2 juga...
semenjak ada kia, aku yang dulu ga pernah kepikiran soal KB mau ga mau juga harus mempertimbangkan juga buat pake...kalo ga mau nambah anak lagi dalam waktu dekat :D, karena selama ini untuk urusan yang satu itu kuserahkan pada suami ajah biar dia yang bertanggung jawab haha...
tapi ternyata kebobolan juga kan...tapi kebobolan yang berakhir indah *lahir kia maksudnya :D*
makanya sekarang harus lebih ekstra hati2, ki' n kia kan masih kecil2...kalo ibunya kebobolan lagi kan kesian mereka , pengennya si ntar2 kalo kia dah agak gede...dah masuk sekolah gitu :D..

back to topik,ada banyak hal yang menjadi pertimbanganku ketika memutuskan untuk pake kabe model apaan:
1.kondom, emang selama ini pake ini...tapi kayaknya bosen deh, pengen ganti yang ga ribet n lebih permanen gitu..halah
2.pil, yang ini langsung kucoret dari daftar...buat minum obat yang ga tiap ari aja susah, palagi yang harus rutin tiap hari minum...ga jamin deh :D
3.suntik, ni juga langsung dicoret dari daftar..kenapa pasal? diriku termasuk orang yang takut ma jarum suntik...makanya sampe sekarang lom pernah donor darah, takut ma jarumnya.
jadi inget pas tiap mo ngelahirin kan diinfus yak...na tiap infus dipasang aku pasti memejamkan mata dan komat kamit baca doa...ngeri boo :D
4.susuk, sebenernya bisa dipertimbangkan...tapi katanya bikin gemuk yak..tul gak si?? palagi diriku kan punya bakat gemuk, kalo dipicu pake susuk ntar jadi cepet gemuknya...
5.IUD, stelah share dengan banyak temen, ya di kantor juga di fb kayaknya banyak yang ngerekomendasiin pake ini...kayaknya bisa dipertimbangkan walopun ntar harus menyiapkan mental saat pemasangannya :D, tapi pas diskusi ma hubby dia yang khawatir sendiri...ntar ketusuk2 gak haha *kena mitos juga kayaknya dia, mitos apa fakta si :D*

setelah browsing barusan ternyata ada alat kontrasepsi yang laen, namanya mirena...aku juga baru denger ini, padahal ni juga dah lama ada...kayak IUD gitu, dipasang di dalam rahim juga..untuk detailnya bisa dibaca disini
dan kayaknya ini deh yang paling cucok...tanpa efek samping, ga bikin gendut juga *walopun tetep harus mengiapkan mental :D*...tapi trus mikir lagi, selain harganya yang cukup mahal, dokter langgananku nyediain gak ya...

jadi binun ni friend...sharing dunk :D

Komentar

Desy Noer mengatakan…
Ya sud, bu ga usah ragu lagi, melihat kemudahan dan keunggulannya dibanding yang lain, langsung aja pilih mirena.
IbuDzakyFai mengatakan…
iyah tien, cobain mirena ajah....
Diyah-ummi Zalfa mengatakan…
Kayaknya Mirena bagus tuh mbak....
Vina mengatakan…
Kalo aq pake Iud,ga ada efek sampingnya tu..Paling malu pas masangnya ajah
astien mengatakan…
@desy,fitri,dyah : la kalian pada pake apa? *pengen tahu aja*
Jeng Devi mengatakan…
wah jeng, sama... ku jg butuh saran n keberanian nih... :)
astien mengatakan…
@vina:ga nambah gendut ya bun?? aku juga mikir malu pasti ntar pas masangnya :D
tapi cuek aja kali ya...

@jeng devi:tooss ah...masih takut juga ya jeng...
Vera mengatakan…
waaah rejeki dong ya waktu dapet Kia padaal udah diatur supaya ga hamil.

Klo aku selama 7 th nikah belom pernah Kabe, mbak, itu ajah aku susah hamil, gimana klo kabe yah hehehee..

Btw, temenku ada yg pake IUD 2 org ternyata kebobolan hamil juga.
astien mengatakan…
@vera:iya mbak, rejeki walo tak direncanakan tapi alhamdulillah banget,...
ternyata pake IUD masih bisa kebobolan juga ya...rejeki juga tu mba, yang penting kita kan dah usaha...kalo tetep dikasih ma Allah ya alhamdulillah, diterima dengan senang hati aja
Indri mengatakan…
ikutan share...
waktu baru dapat anak pertama aku pakai kb sistem kalender, agak takut sih awalnya, takut kebobolan.. tapi ternyata sukses 2,5 tahun kosong. sekarang udah ada yang kedua, mau pake kalender lagi tapi takut, sempet mau pakai IUD, dengan tekad membara aku datang ke DSOG, udah daftar.. tapi waktu nomor panggilan semakin dekat, aku pulang... takut!!! hehehe...
akhirnya pake pil deh, agak repot sih, tapi biar ajalah....
Bunda Fisa/ D'Luna mengatakan…
hmm... sama nih, lg bingung soal KB. Sy udh 2 bln pasca lahiran bln pasang KB jg nih, masih pikir2 coz sy dianjurkan dokter (and ga ada pilihan lain alias kudu) pake IUD krn sy punya varises dlm mulut vagina

Sarannya sih, kudu pake IUD sebelum 40 hari, tp masih ngilu hehhehehe....

Apa iya, masih bisa kebobolan jg walau udh pake IUD?
astien mengatakan…
@indri:menyerah sebelum bertanding ya jeng?? aku kalo pil nyerah aja deh...ga bisa minumnya soalnya :D

@bunda fisa:katanya kalo mo pasang IUD pas lagi mens...atu menjelang nifas selesai bun...
kata mba vera ada tu yang kebobolan juga...tapi paling ga kita dah usaha, kalo tetep jadi juga ya rejeki namanya :D
silvi mengatakan…
aku pernah pake IUD, yg trus dibuka waktu lagi program hamil kika...abis lahiran kika, mau pake lagi...kebablasan eh maksudnya dikasih bonus ama Allah...dan lahirlah arfa...hehehee...

sejak habis lahiran arfa, aku langsung di 'iket' aliyas KB permanen yang kata orang disteril..karna jarak kelahiran yang terlalu dekat dan SC semua...makanya dokter merekomendasikan itu...

kayanya mirena ok juga yaa...kalo baca ulasannya sih...konon KB itu cocok cocokkan...cocok di kita belum tentu cocok di yang laen...katanya siiih...hehehee... :)
astien mengatakan…
katanya si emang cocok2an mba...ada temen yang pake IUD tetep langsing tapi ada juga yang jadi melar...
moga aja aku ntar kalo kabe *apapun itu* tetep langsing hehe* ngarep*

wah berarti dah steril dong mba silvi..tapi katanya sakit banget ya habis oprasinya??
Anggorowati mengatakan…
piye jeung.. sidane kb pake apa?
astien mengatakan…
@wati:lom memutuskan ni..Masih bimbang dan ragu*takut juga :D*
Susan Noerina mengatakan…
Kalo gw mah Mba selama ini pake sarung ajah (baca: kondom). Abis mo pake pil / suntik, ngeri ASI ga keluar karena ada pengalaman temen yang disuntik langsung eh ASInya kering (padahal pas konsul awal dibilang kalo disuntik ASI teteup bisa keluar).

Mo pasang IUD, ngeri juga coz banyak kasus temen yang udah sakit2 pas pasangnya, eh ga lama IUD nya keluar begituh ajah (keluar sendiri). Lagian ada juga temen yang pake IUD masih kebobolan juga

Betul tuh Mba kalo KB mah cucok2an. Cucok di orang belon tentu cucok ma kita. Coba Mirena ajah Mba kalo emang yakin itu yang paling ok.

Sukses yah bo :-)
mami vaya mengatakan…
Saya dulu pake IUD tp malah ga cocok, haidnya banyak banged dan sakiiiiiiiiiitt banget. Jd skrg kb alami saja :)
Ummu Ammar mengatakan…
alo bun... :) ikut komentar ya.

kalo aku selama 3 tahun nikah pake implan (susuk), gak ada efek samping sama skali, tapi untuk awal bulan haid-nya gak teratur tapi setelah itu udah biasa lagi. aku sendiri selama ini pake implan gak ada keluhan, gak bikin gemuk, nyaman, gak perlu takut buat aktif (loncat2) soalnya sy dengar kalo pake IUD gak boleh ngangkat berat2, temenku baru 3 minggu kemarin pasang IUD sampe sekarang pendarahan terus. setahu aku yang bikin gemuk itu suntik. tapi kalo buat ibu yang baru melahirkan dan sedang menyusui sebaiknya pake suntik aja, soalnya kalo pake implan kata dokter ASI-nya akan berkurang sedikit demi sedikit.
bunda zikra mengatakan…
mom, emang jarak ki dan kia brapa jauh? aku gak pake KB2an, kemaren pake teknik alami namanya azl. susah ngejelasin disini, ngegoogle aja deh ya pasti ketemu kok:p
ah senengnya udah sepasang:) moga2 anak keduaku juga cewe biar sama dengan ki dan kia:)
Nia mengatakan…
duhh baca cerita ttg resiko pasang IUD jadi ngeri yachh,,,aku juga blm pernah KB dan sampai sekarang masih bingung abis lahiran nanti KB apa ngga yachh? mom klo dah ketemu yg cocok sharing lagi yach kali aja nanti aku dapat ide hehehe...
astien mengatakan…
@susan:toss dulu ah bun..Bener kb emang cucok2an..Makanya aq bingung yg kira2 cucok buat aq apa ya..*masih pikir2 ni*
@mami vaya:sampe gitu ya mam,padahal kemaren IUD bnyak yg rekomendasikan..
@ummu ammar:makasih sharingnya jeng..
astien mengatakan…
@bunda zikra:jaraknya 2 th 8 bl..Moga dd nya zikra cewk ya biar sepasang..Thanks infonya,ntar kucari deh ttg azl..
@nia:ni jg blum ketemu yg mantep,malah jadi ragu buat kb..Ntar ku share lg akhirnya gmana..Ditunggu ya :D
ke2nai mengatakan…
sy nyimak aja deh bbrp komentar.. krn sp skrg blm berani KB :D
Diana Indah mengatakan…
aku pake IUD hampir 6 thn..ga ada ekndala berarti sih..cuma kalo emns jd lbh banyak. Trus harus rajin kontrol ya...aku lewat tuh 3 thn pertama, makanya jd agk iritasi aka keputihan melulu.
Saranku pake IUD yg pendek2 waktunya 1-2 thn..trus berulang.
astien mengatakan…
@ke2nai: :D
@diana:thanks sharingnya ya...masih mikir2 ni, belum final mau pake apa ntar :D
entik mengatakan…
baru denger tuh tien kabe mirena..
yo met milih2 kabe yang cucok buat dikau...

Postingan populer dari blog ini

cerita ke hutan

mudik n masuk rumah sakit

mayoret kecil