looong wiken

perjalanan ke pati

loong wiken kali ini kita sekeluarga mudik ke pati..padahal hari2 sebelomnya dah dibel ma ibukku wonosobo, disuruh pulang kesana..dah kangen ma ki' katanya
tapi karena momennya pas bertepatan dengan acara nujuh bulannya kakake ayahna ki'ya kita ga jadi balik wonosobo...
kita berangkat ke patinya kamis pagi, biar ga panas banget...kita berangkat berenam, kita sekeluarga plus mbake ki' ditambah om ma tantenya ki'..jadi rame deh di jalan.

tapi sepanjang jalan banyak yang rusak, bener kata berita...jalur pantura rusak parah, apalagi saat mulai masuk dan keluar demak..parah banget rusaknya, lobange gede2.
sesampai di alun2 demak kita berenti dulu, mampir ke masjid agungnya...sekalian mau minta air dari masjid demak buat om ma tantenya ki', katanya buat acara siraman mereka yang masih sebulan lagi...dan katanya lagi mereka mau ngambil air dari 7 sumber, ada ada saja...tapi karena amanat orang tua ya dilaksanakan deh..
di masjid agung, sebentar aja...ngambil air plus foto2, narsisss*kesempatan mah ga boleh dilewatkan yak hehe*
di sini ayahna ki' sempet hampir ribut ma tukang parkir...gara2nya disuruh parkir di dalam area parkir, tapi ayahna ki' ngeyel ga mau..wong mau sebentar aja kok, lagipula di situ juga banyak mobil parikir..akhire tukang parkire yang ngalah, takut kali ma bodi2 penumpange yang gedhe semua hehe..
trus jalan lagi, berenti di menara kudus,..ternyata disini rame banget, banyak yang berziarah ke makam sunan kudus...kita aja masuke sampe agak desek2an, trus mau poto juga susah banyak orang yang berlalu lalang dan pada pengen poto2 juga..
lanjut lagi perjalanan, sebenere da niat mampir di warung makan dulu...tuk menikmati garang asem yang nyummi, tapi bapak pati dah ngebel katanya dah dimasakin di rumah...ga jadi deh
akhirnya sampe rumah jam 11 siang...lumayan lama juga perjalannya, biasanya yang 2 jam ni nyampe 4 jam plus mampir2nya..
acara nujuhbulanan
acara ini biasanya dilaksanakan saat kehamilan memasuki usia tujuh bulan, kalo yang di tempat aku *wonosobo* biasanya hanya dengan pengajian plus mambaca alquran..tapi kalo di pati bener2 rumit...persiapannya luar biasa, capeknya..
dimulai dari menyediakan makanan dari hasil bumi 7 macam, ada beras, jagung, ketela. kacang2an apalagi ya...agak lupa aku
trus ada juga rujak dari 7 macam buah, mulai dari mentimun, krai*mentimun kecil*, bengkoang, jambu, kedondong, apel, wortel..kalo yang ini aku yang bikin jadinya agak apal..
habis itu makan besarnya, yang unik tu lauknya...kalo di pati ga boleh pake daging2an, baik ayam maupun sapi...pokoke ga boleh dari hewan yang disembelih,katanya ntar anaknya jadi sembelehen*gak tau apa maksudnya kan*
sebagai gantinya biasanya dari ikan2an, baik ikan laut maupun ikan air tawar..
selain itu kardusnya juga harus dihias pake janur, jadi dicepretin di samping kardusnya kanan kiri...bener2 ribet deh.
belum lagi untuk yang acara intinya...wis pokoke ribet.
untungnya acara nujuh bulanan hanya untuk anak pertama saja...jadi aku ga ngalamin lagi hehe..
naik kereta mini
oya selama ki' disana tu kayake seneng banget, kerjaannya diajak jalan2 terus...kalo ga ma om n tantenya, ya ma pakdebudenya, kalo gak ya ma mbah kakunge...dan terutama ma ayah ibune hehe..
ceritanya rumah mbahnya ki' tu kan deket ma alun2 kota, n disana banyak mainan buat anak2...dari mandi bola sampe kereta mini.
ki' kalo diajak kesana seneng banget, selaen rame juga karena banyak mainannya itu...
bingung juga milihin mainan yang bisa dinaikin sama ki', yang aman gitu...karena ki' kan anaknya usil banget, takutnya jatuh ato gimana..lagipula ini pengalaman pertamanya.
pertama kali kita coba kereta mini aja, pertimbangannya yang ada sabuk pengamannya...jadi kaopun ki' usil ga bakaln jatoh..dan kita kan tetep bisa jalan di sampinge ki' biar gak takut..
begitu naik perhatian ki' langsung tertuju ke setir di depannya...langsung sambil nyetir keluar deh ngengngengnya...lega ngliatnya, berarti ki' gak takut..begitu keretane jalan, kita yang nunggu di sampinge dada dada ke ki', ki' ikutan dada dada juga...trus asik lagi ke setirane, sampe keretanya berenti..sayang banget kita ga bawa hape, jadinya ga bisa diabadikan deh.
begitu ki' diangkat dari kereta, tangannya langsung ngacung2 lagi...minta naek lagi hihi, ketagihan deh dia..
tapi gak kita turutin, muter2 dulu cari mainan lainnya...trus nyobain komidi putar mini, nyarinya yang bentuke mobil2an, selain ki' seneng yang ada setirane, juga biar aman..
begitu dinaikin ke mobil2an, biasa konsentrasi langsung ke setir...ngeng ngeng dulu, e begitu muter ki' langsung berdiri, mo keluar dari mobil2an itu...padahal ga ada sabuk pengamane, kan bisa jatuh dia...begitu mo dibenerin ma bapak2 yang muterin *muternya manual, pake tenaga manusia* ki' malah nangis, takut...yo wislah turun aja, bayar 1000..murah ya
setelah muter2, kok ga ada mainan yang cocok buat ki', akhirnya kita balik lagi ke kereta mini yang tadi...ternyata penuh, jadi naiknya dua anak..gak cuman seorang kayak tadi
yang duduk di sebelahe ki' anak cewek, 2 tahunan kayake...begitu didudukin di sebelahe cewek itu ki' langsung aja mukul2in kepalane anak di sebelahe...waduuh, kok jail banget to nang.
untunge kan ki' cuman mainan aja mukule, jadine sebelahe juga ga nangis...
begitu muter, ki' langsung ke setirane, bergaya nyetir seperti biasa...tapi setelah 3 putaran, aku perhatiin ni anak kok malah ngalamun, gak bersemangat keliatane...ternyata ngantuk, keenakan kali hehe..
langsung deh ayahna ki' minta diberentiin, takutnya ki' ketiduran disitu hehe...kecapekan to kamu nang, yo wis langsung pulang ke rumah..e di sepeda motor sebentar langsung tidur dia..
pulang ke semarang
hari minggu sore kita baru balik ke semarang, habis maghrib start dari pati...jalan pulang lebih parah daripada berangkate...bergoyang terus, kesian mbakku yang lagi hamil 7 bulan itu.
untungnya sehat, jadinya gapapa...setelah ngedrop penumpang yang laen ke rumah masing2, sampelah kita di rumah jam setengah 11..lamaa banget kan di jalannya.
langsung deh pada tepaar semua, capeknyaaa...

Komentar

Pos populer dari blog ini

cerita ke hutan

mayoret kecil

mudik n masuk rumah sakit